4 Kerajinan Keramik dan Daerah Pembuatnya

Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik, menurut sejarah merupakan kerajinan yang berasal dari negeri Tiongkok. Kita sendiri tahu bagaimana asimilasi warga pendatang dari Tiongkok dengan penduduk setempat di masa-masa lampau.

Berkat tangan-tangan kreatif dari para pengrajin asli Indonesia, maka hasil-hasil kerajinan keramik pun menjadi sebuah kerajinan yang sangat dicari diberbagai belahan dunia bahkan oleh negeri asal produk keramik berada.

Kerajinan Keramik dan Daerah Pembuatnya

Diantara Indonesia yang luas dan memiliki berbagai macam kerajinan khas masing-masing daerah, produk kerajinan keramik pun memiliki beberapa tempat produksi dan terkenal. Berikut ini daerah-daerah yang terkenal dengan kerajinan keramiknya.

1. Kerajinan Keramik dari Plered

Sentra industri keramik Plered berada di wilayah selatan Kab Purwakarta. Plered adalah satu kecamatan yg mempunyai luas wilayah 36,79 kilo meter persegi dengan jumlah warga tercatat kurang lebih 54,337 jiwa. Sentra industri mungil ini terletak di Desa Anjun, Citeko, & Desa Pamoyanan.

Wilayah mungil yang juga sebagai kota tertua di daerah Kabupaten Purwakarta ini mempunyai histori panjang yg tak lepas dari kerajinan keramik. Bahkan konon kerajinan berbahan dasar tanah liat ini, menurut warga setempat telah ada sejak era neolitikum. Walau keabsahan sejarah ini tetap bisa diperdebatkan, sebab tidak sedikit versi sejarah awal mula kerajinan keramik di daerah ini.

Pembuatan kerajinan keramik Plered benar-benar telah berjalan turun temurun dan diperkirakan dimulai sejak th 1904.

2. Kerajinan Keramik dari Dinoyo

Berwisata ke Malang, Jawa Timur, selain akan menemukan berbagai kampus universitas juga akan menjumpai berbagai macam wisata yang elok. Masih banyak ditemukan gedung-gedung yang dibuat pada jaman Belanda, juga ada acara Malang Tempo Doeloe dan bila sedikit ke arah timur maka akan sampai di daerah Batu, kota Wisata yang hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Malang.

Kota Malang selain juga menyimpan banyak eksotisme wisata, memiliki juga sentra kerajinan keramik Dinoyo yang terletak di daerah Dinoyo. Daerah Dinoyo yang terletak tidak jauh dari Kampus Brawijaya ini merupakan tempat berkembangnya kerajinan keramik yang sudah berjalan sejak tahun 1957an.

3. Kerajinan Keramik Bayat

15 KM ke arah selatan kota Klaten, dusun yang terletak di Bayat tersebut terdapat pengrajin gerabah dan keramik yang menggantungkan mata pencahariannya dari berbagai kerajinan gerabah bayat berbahan dasar tanah liat.

Ada beraneka ragam macam gerabah keramik yang disediakan di desa tersebut, ada seperti guci bermotif, gerabah keramik berbentuk hewan seperti gajah, singa, ayam, badak dan sebagainya, ada juga kursi gerabah, serta patung manusia, hingga gerabah – gerabah kecil lainya, ada juga rumbai-rumbai, hingga tungku untuk memasak. sangat bermacam-macam bentuk dari gerabah yang terbuat dari tanah liat ini.

4. Kerajinan Keramik dari Pulutan

Gerabah keramik cantik dari Pulutan, Minahasa. Tidaklah hanya memiliki beragam tujuan pariwisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga memiliki desa penghasil kerajinan tangan khas yang tidak hanya ramai dikunjungi oleh para pelaku bisnis, namun juga ramai dikunjungi oleh para pelancong baik domestik ataupun dari mancanegara. Salah satu desa penghasil kerajinan tangan khas yang telah menjadi tujuan wisata di Minahasa adalah Desa Pulutan.

Itulah 4 tempat kerajinan keramik yang banyak memproduksi kerajinan keramik dan sudah mendunia produk-produknya.

Bagaimana menurutmu?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

3 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: