Bamboo Fiesta akan Digelar April Mendatang

Cimahi – Komunitas Indonesian Bamboo Community (IBC) berencana menggelar menghadirkan event internasional Bamboo Fiesta pada April 2016 mendatang di Kota Cimahi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan citra bambu sebagai kekayaan alam Indonesia. Rencana gelaran tersebut dipaparkan di hadapan tim Pemkot Cimahi di Kompleks Pemkot Cimahi Jln. Rd. Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Kamis (7/1/2016).

Ketua IBC Adang Muhidin menjelaskan, latar belakang inisiatif menggelar acara tersebut yaitu pohon bambu mempunyai sejarah di Indonesia. Tapi, kerap bambu diidentikan dengan kemiskinan. “Untuk itu, kami ingin memperlihatkan kepada dunia lewat Bamboo Fiesta bisa menunjukkan kejayaan bambu yang bisa kita kreasikan menjadi berbagai karya, bukan hanya sebagai bahan tradisional,” ujarnya.

Acara puncak akan digelar 30 April-1 Mei 2016. Kegiatan pra-event bakal digelar sebulan sebelumnya dengan beragam acar yang bakal melibatkan banyak pohon bambu sehingga acara tersebut menghadirkan lautan bambu di Kota Cimahi atau disebut “Cimahi Lautan Awi””.

Hal itu akan nampak dari sekitar 10 instalasi berbahan bambu yang akan disebar di Kota Cimahi. Lokasi acara yang dipilih nantinya akan disulap dengan berbagai venue menggunakan bambu. Kegiatan Bamboo Fiesta diantaranya pagelaran kesenian, workshop dan seminar tentang bambu. Sekaligus memfasilitasi komunitas bambu yang ada di indonesia.

Kemeriahan Bamboo Fiesta ditambah dengan konser musik dengan alat musik bambu. Serta budidaya pohon bambu turut diperkenalkan. “”Kami ingin membuktikan bahwa ikon kota Cimahi bambu itu benar-benar nyata,” katanya.

Ditemui di tempat yang sama, Asisten Daerah bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi Benny Bachtiar mengatakan rencana tersebut unik dan menjadi potensi yang luar biasa. Pihaknya berjanji akan mendukung rencana tersebut. “”Ini aset Kota Cimahi yang harus didukung kreativitasnya karena bisa membawa nama baik Kota Cimahi,” ujarnya.

Dalam acara Bamboo Fiesta, sebanyak 9 provinsi akan ikut berpartisipasi, ditambah 5 negara lain yang menyatakan bakal hadir. “””Yang sudah pasti ada peserta dari 9 provinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Yogyakarta, Banten, Jakarta, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini juga diminati negara lain seperti Jepang, Vietnam, Taiwan, Malaysia sudah positif datang. Sementara yang masih dalam proses, India dan Guatemala,” ujarnya.

Via : Pikiran-rakyat

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: