Batik Gentongan, Keindahan dari Pesisir yang Menjadi Buruan Kolektor

Batik Gentongan

Pusat kerajinan batik di Bangkalan Madura terletak di Tanjung Bumi, Tepatnya didaerah Peseseh, daerah pesisir pantai dan memiliki pelabuhan tempo dulu. Tanjung Bumi berjarak 40 km dari kota Bangkalan atau ditempuh sekitar satu jam menggunakan kendaraan pribadi. Aksesnya cukup bagus dengan jalan beraspal walaupun tidak terlalu lebar.

Selain itu masyarakat disana juga memiliki budaya, batik digunakan untuk simpanan. Yang diperlakukan sebagai emas atau tabungan. Atau disimpan untuk diserahkan kepada anak dan cucu, sebagai tanda kasih dan cinta ibu. Batik menjadi salah satu sumber kekayaan dan kebanggaan mereka.

Jika proses pembuatan kain batik madura pada umumnya . Kain sebelum di rengreng lebih dahulu dilakukan proses lecak, yaitu kain direndam dengan sejenis biji-bijian nyamplong dicampur air abu, berfungsi agar kain hilang dari minyak dan bahan pengembang kain (kain bisa mengerut). Juga mengharumkan, menghaluskan dan membuat hasil pewarnaan lebih baik. Hal ini akan membuat proses selanjutnya lebih baik dan mudah. Proses ini membutuhkan waktu tiga minggu sampai satu bulan.

batik gentongan
batik gentongan

Untuk batik gentongan dikerjakan paling cepat 1 tahun, karena direndam dalam gentongnya saja membutuhkan waktu yang pertama selama 6 bulan kemudian setelah digambar, batik belum jadi itu direndam lagi selama 3 sampai 4 bulan. Motifnya terlukis di dua sisi, baik dari luar dan dalam. Sehingga gambarnya tembus dan halus. Disamping itu, pewarnanya terbuat dari bahan alami seperti daun dan buah sehingga Batik gentongan banyak diminati para kolektor.

Tak salah jika sepotong batik gentongan Tanjungbumi ini berharga antara 2,5 juta hingga 5 juta rupiah bahkan lebih. Lebih mahal daripada emas. Batik gentongan merupakan batik khas Tanjungbumi, bercirikan warna yang berani (colour full) dan pengerjaan yang halus. Motif-motifnya beragam, namun tidak dapat diketahui secara pasti apakah yang menjadi motif klasik batik gentongan. Seperti yang kebanyakan, motif kembang randu, burung hong, sik melaya, ola-ola dan banyak lagi.

Batik Gentongan, Keindahan dari Pesisir yang Menjadi Buruan Kolektor
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Satu tanggapan pada “Batik Gentongan, Keindahan dari Pesisir yang Menjadi Buruan Kolektor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: