Beranda Destinasi Candi Borobudur, Destinasi Wisata Warisan Dunia

Candi Borobudur, Destinasi Wisata Warisan Dunia

83
0
Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur – Siapa yang tidak tahu Candi terbesar di Dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini? Peninggalan sejarah yang bahkan diakui dunia sebagai salah satu keajaiban dunia. Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Tri Tepusan, diperkirakan pendiri Candi Borobudur adalah raja Mataram dari wangsa Syailendra bernama Samaratungga, yang melakukan pembangunan sekitar tahun 824 M. Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani.

Pembangunan Candi Borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad. Dalam prasasti Karangtengah pula disebutkan mengenai penganugerahan tanah sima (tanah bebas pajak) oleh Çrī Kahulunan (Pramudawardhani) untuk memelihara Kamūlān yang disebut Bhūmisambhāra. Istilah Kamūlān sendiri berasal dari kata mula yang berarti tempat asal muasal, bangunan suci untuk memuliakan leluhur, kemungkinan leluhur dari wangsa Sailendra.

Wisata Candi Borobudur ini dikelola oleh Pemerintah Jawa Tengah sebagai bagian dari kekayaan heritage Indonesia. Dibukanya Candi Borobudur sebagai tempat rekreasi dan wisata, ditujukan untuk mengenalkan sejarah kepada khalayak dunia bahwa di Indonesia terdapat relief candi terbesar sekaligus pernah berjayanya agama budha.

Taman Lumbini Candi Borobudur

Salah satu area yang biasa digunakan sebagai tempat kegiatan di Candi Borobudur adalah Taman Lumbini. Penamaan taman ini diambil dari sebuah taman tempat dimana tokoh Buddha Gautama dilahirkan.

Taman Lumbini berada di sebelah timur laut Candi Borobudur. Jaraknya hanya sekitar 50 meter dari candi Budha terbesar di dunia tersebut. Luas area taman ini adalah sekitar 4.220 meter persegi. Taman ini memiliki karakteristik lanskap yang rata dan datar, sehingga nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan.

Rumput di Lumbini rapi dan terawat dengan baik. Pada beberapa bagian terdapat pepohonan yang rimbun. Di Taman Lumbini ini terdapat podium, lengkap dengan taman air dan berbagai pohon buah-buahan, termasuk kecapi, pakel, dan ceremai.
Berada di pelataran Candi Borobudur, taman ini memiliki pemandangan candi yang sempurna.

Wisata Candi Lain

Tidak hanya Candi Borobudur, wisatawan juga sekalian mengunjungi dua candi lain yang terletak dalam satu garis dari Candi Borobudur yaitu Candi Pawon dan Candi Mendut. Letak Candi Pawon berada di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur, tepat berjarak 1750 meter dari Candi Borobudur ke arah timur dan 1150 m dari Candi Mendut ke arah barat. Sementara Candi Mendut berada di wilayah timur Candi Pawon.

Baca juga:

Akses Menuju Candi

Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju taman Candi Borobudur yang sudah banyak tersedia.

Sebagai petunjuk, klik pada peta berikut untuk mendapatkan arah;

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here