Daun Lontar Bahan Dasar Kerajinan Seni Prasi

Daun Lontar

Pohon Lontar (Borassus flabellifer) adalah pohon yang termasuk ke dalam jenis palma (pinang-pinangan) dimana mereka biasa ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan Asia selatan. Seperti halnya pohon kelapa, pohon lontar ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat mulai dari buah hingga batangnya.

Selain digunakan menjadi bahan pendukung kehidupan sehari hari, ternyata sejak jaman dahulu daun lontar telah dimanfaatkan sebagai media menulis. Yang mana pada saat ini tulisan diatas daun lontar tersebut menjadi suatu jenis kerajinan tangan yang cukup di gemari di wilayah Bali, berupa kerajinan seni prasi.

Kerajinan seni Prasi adalah kerajinan dengan bentuk seperti komik yang beraksara, bergambar serta bahasa khas Bali yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kerajinan ini memiliki kaitan erat dengan kesusasteraan, agama serta budaya Bali yang mana pengembanganya dilakukan oleh keluarga Brahmana di Bali. Kerajinan Prasi ini bisa anda temukan di daerah Karangasem, Bali, tepatnya di desa Sinduwati kecamatan Sindemen.

Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan prasi ini adalah daun lontar, bambu, benang serta buah kemiri. Penggunaan buah kemiri disini adalah sebagai pewarna hitam setelah sebelumnya dipanggang hingga gosong terlebih dahulu. Benang digunakan untuk menyatukan lembaran lontar dan bambu digunakan sebagai frame dari kerajinan tersebut.

Kerajinan ini kemudian diproses melalui pengemasan dan selanjutnya dikembangkan dalam berbagai bentuk hiasan dinding dan selanjutnya dijual di berbagai objek wisata yang terdapat di desa Tenganan, Pagringsingan, kabupaten Karangasem. Kerajinan daun lontar berbentuk seni prasi ini ternyata memiliki banyak penggemar, baik dari domestik maupun mancanegara.

Indonesia merupakan surganya Kerajinan Kreatif. Selamat berburu kerajinan yang keren.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: