Desa Bahasa Borobudur, Wisata Edukasi di Magelang

Main Enggrang di Desa Bahasa Borobudur

Desa Bahasa – Selain candi-candi yang bertebaran, Borobudur juga memiliki tujuan wisata edukasi yang layak untuk disinggahi, lokasi wisata ini adalah Desa Bahasa tepatnya di desa Ngargogondo. Sebuah desa yang didalamnya mewajibkan semua penghuninya menggunakan bahasa inggris untuk komunikasi sehari-hari. Pengunjung pun akan diajak berbahasa inggris ketika datang.

Desa Bahasa Borobudur ini memang sekaligus menjadi tempat belajar bahasa inggris bagi siapapun yang ingin belajar. Tidak hanya berbahasa, namun juga diajarkan pengetahuan ilmu lain untuk bekal hidup / life skill. Sembari wisata, Desa Bahasa ini menjadi sebuah sekolah informal yang siap membantu mengembangkan pengetahuan ilmu berbahasa inggris dan juga ilmu lain.

Untuk mengembangkan Desa Bahasa ini, pengelola memberikan dua sistem layanan belajar yakni untuk peserta gratis dan berbayar.

Peserta Gratis, adalah peserta belajar mengajar yang berasal dari 7 desa sekitar dari desa Ngargogono ini. Ini dimaksudkan untuk menumbuhkan keinginan bagi masyarakat sekitar untuk belajar bahasa inggris juga bekal kemampuan lain. Menariknya, pengelola tidak mempedulikan soal ekonomi dari warga 7 desa sekitar ini.

Peserta Bayar, adalah peserta belajar mengajar yang berasal dari berbagai wilayah selain 7 desa sekitar. Pemungutan biaya pun murah dan tidak membebani, mengingat fasilitas serta ilmu yang bisa didapatkan oleh peserta.

Ada sistem kelulusan bagi para peserta yang belajar di Desa Bahasa Ngargogondo Borobudur ini. Hebatnya lagi, pengelola memberikan pelajaran gratis untuk mengulang apabila peserta ternyata tidak lulus dalam belajarnya. Ini tentu sangat membantu dan memberi semangat bagi peserta dari mana pun yang ingin belajar.

Desa Bahasa Borobudur berdiri pertama kali pada tahun 1998, meski sempat mati suri atau tidak ada aktivitas kurang lebih selama 5 tahun. Sejak 11 Mei 2011 desa bahasa Ngargogondo ini aktif lagi dengan semangat baru dan metode baru, dan memberikan garansi jaminan seumur hidup.

Kelebihan Belajar di Desa Bahasa

Pengelola desa bahasa memberikan beberapa kelebihan atau keunggulan yang membedakan fasilitas dari desa bahasa lain seperti desa bahasa di Pare Kediri. Salah satu kelebihan yang sangat mudah dan murah namun mewah adalah berburu turis di sekitar Candi Borobudur atau Candi Mendut yang begitu dekat dari lokasi desa. Sehingga peserta bisa langsung mempraktekan bahasa inggrisnya dengan turis-turis manca negara.

Para peserta belajar akan banyak diajak untuk bersenang-senang dalam mempelajarinya, 90% kegiatan belajar mengajar lebih banyak dilakukan pada praktek di lapangan sementara 10% digunakan untuk menambah teori atau mengoreksi. Ini membuat tingkat kelulusan peserta belajar bahasa inggris disini.

Bagi peserta dari luar kota, disediakan tempat menginap langsung di lokasi desa bahasa dan penginapan ini sudah masuk dalam biaya belajar saat mendaftar. Atau bila memang lebih nyaman untuk menginap di hotel, tersebar banyak hotel dengan pemandangan Borobudur seperti hotel Gopalan.

Akses Menuju Desa Ngargogondo

Dari Taman Wisata Candi Borobudur, Desa Ngargogondo berada 2,5 km ke arah tenggara, berbatasan dengan Desa Wisata Candirejo dan Desa Kriya Wanurejo. Dusun Parakan, cukup strategis untuk ikut menyambut kunjungan wisatawan asing.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum dari arah Semarang, bisa menggunakan Bus dan kemudian turun di Terminal Magelang dan kemudian bisa melanjutkan dengan kendaraan angkutan lain menuju Candi Borobudur. Begitu juga bila dari arah Yogyakarta, bisa menuju Terminal Magelang untuk kemudian menuju desa bahasa Ngargogondo.

Kunjungi terlebih dahulu situs web Desa Bahasa sebelum langsung mengunjungi agar mendapatkan pengetahuan detil dari Desa Bahasa Borobudur, dan pastikan untuk segera mendapatkan paket-paket belajar yang dituju.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: