Festival Danau Sentani Jayapura, Ikon Papua

Tarian Isosolo Papua

Sentani, Jayapura – Sebuah distrik di wilayah Papua yang mulai terdengar namanya, pertumbuhan ekonomi yang geliat semakin meningkat seiring dimulainya sebuah Festival pada tahun 2007 dengan nama Festival Danau Sentani (FDS). Acara Festival Danau Sentani ini digelar setiap tahun di Kabupaten Jayapura – Papua. Telah berhasil tidak hanya menjadi sebuah ikon pariwisata tingkat nasional namun juga menjadi ikon ditingkat internasional. Terbukti festival wisata ini masuk ke dalam kalender acara pariwisata setiap tahun.

Danau sentani sendiri terletak di kabupaten Jayapura, Papua. Danau ini berada di lereng pegunungan cagar alam Cycloops yang luas. Luas danau ini  sekitar 250.000 hektar. Sedangkan luas Danau Sentani sendiri sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 meter dpl, dan merupakan danau terbesar di pulau Papua.

Tradisi dan Budaya Papua

Festival Danau Sentani merupakan keunikan tersendiri yang dimiliki oleh Kabupaten Jayapura, Papua. Masyarakat, pelaksana dan pemerintah daerah bahu membahu mempersiapkan kegiatan festival ini, serta menyemarakkan suasana selama berlangsungnya acara ini. Festival yang didalamnya berbagai atraksi seni dan budaya unik asli masyarakat Papua ini pun selalu terselenggara dengan meriah.

Acara Festival Danau Sentani ini sekaligus menjadi sebuah perlindungan bagi budaya serta tradisi seni asli Papua, berikut pelestarian dan juga pengembangannya. Festival diselenggarakan setiap bulan Juni pada tiap tahunnya. Terdapat beberapa tradisi dan budaya lokal untuk mengisi festival ini, diantaranya:

  • Tarian adat di atas perahu
  • Tarian perang khas Papua
  • Upacara adat penobatan Ondoafi

Ondoafi atau ondofolo merupakan kepala adat namun bukan sebagai kepala suku di tengah masyarakat asli Sentani. Dalam pemerintahan adat masyarakat asli Sentani, dalam satu kampung terdapat satu Ondofolo dan lima Kose (kepala suku). Ondofolo adalah pimpinan tertinggi dalam satu kampung. Ondofolo ini membawahi lima kepala suku atau kose. Posisi Ondofolo jauh lebih tinggi dibanding dengan kepala suku (Kose).

Tarian Perang Papua
Tarian Perang Papua / Gambar dari pesona.travel

Secara garis besar, rangkaian acara selama penyelenggaraan festival ini selalu akan menyuguhkan tiga seni budaya di atas. Ditambahi dengan acara-acara bertema lain sebagai tambahan yang akan terus berganti setiap tahunnya.

Sajian Khas Papua

Anda bisa menemukan sajian khas Papua selama terselenggarannya acara festival, salah satu yang unik adalah penyajian Ubi khas Papua. Ubi yang dimasak menggunakan cara di pendam dalam tanah lalu ditutup dengan batu yang sudah dibakar terlebih dahulu selama 1 – 2 jam.

Bukan hanya ubi, ada juga singkong, keladi, ikan, bahkan daging yang dimasak dengan cara ini. Cara memasak seperti ini dapat membuat makanan bertahan sampai satu pekan lamanya. Budaya bakar batu ini masih terpelihara dan menjadi salah satu daya tarik wisata di Jayapura.

Ubi dan Batu Bakar Papua
Batu Bakar Papua

Kerajinan Tangan

Papua memang tidak bisa lepas dari kerajinan tangan khas daerahnya, disana bisa ditemukan tas rajut noken khas Papua yang sudah terkenal seantero dunia, juga ada ikat kepala yang dihiasi bulu kasuari serta lukisan kulit kayu. Papua memiliki batu akik khas, yaitu Cycloops. Batu ini sejenis kuarsa kristal dan memiliki ciri khas berwarna hijau tua. Batu ini banyak ditemukan di Kampung Ormu yang terletak di lereng pegunungan Cycloops. Banyak sekali batu akik yang dipamerkan disini mulai dari Cycloops hijau hingga merah yang bernama Red Pacific.

Tas Rajut Noken Papua
Tas Rajut Noken Papua

Akses Menuju Danau Sentani

Bila Anda dari Jakarta, maka bisa menggunakan pesawat terbang dari berbagai maskapai tujuan Jakarta – Jayapura, selanjutnya bisa menggunakan angkutan kota atau ojek dari Bandara Sentani menuju ke Danau Sentani yang akan ditempuh kurang lebih 15 menit.

Akan lebih fleksibel bila Anda menyewa mobil selama disana, selain untuk berkunjung ke Danau Sentani juga bisa untuk berkeliling di Kota Jayapura.

Festival Danau Sentani Jayapura, Ikon Papua
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Satu tanggapan pada “Festival Danau Sentani Jayapura, Ikon Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *