Batik Kain Sasirangan, Jenis dan Model Bajunya

Kain Sasirangan

Kain Sasirangan – Dunia fesyen atau busana, memang tiada habisnya. Bermunculan banyak tren berbusana yang berkembang sedemikian cepat baik di Indonesia maupun belahan dunia lainnya. Perkembangan teknologi informasi ikut membantu busana atau pakaian berbahan dasar kain asli Indonesia seperti Kain Sasirangan.

Para desainer berlomba-lomba berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian publik dengan menciptakan berbagai ide yang menarik dengan harapan ide ini akan diterima oleh pasar dunia busana dan pendapatan yang besar. Termasuk memanfaatkan produk kain sasirangan menjadi tren busana yang banyak di minati pasar. Terbukti di berbagai kesempatan begitu banyak model baju sasirangan dengan mudah kita jumpai. Kain Sasirangan sudah bertransformasi menjadi berbagai macam jenis dan model baju dibanyak tempat.

Dalam perkembangannya, kain sasirangan telah mengubah fungsinya menjadi beberapa jenis dan model baju sasirangan, yaitu:

Sasirangan untuk Kerja

Baju sasirangan ini akan mudah ditemukan setiap hari kamis, terutama di lingkungan kerja daerah Kalimantan Selatan. Karena aturan yang mewajibkan untuk mengenakan batik khas daerah masing-masing khususnya untuk daerah Kalimantan Selatan diwajibkan untuk mengenakan baju Sasirangan. Adapun model baju sasirangan kerja ini tentunya modelnya yang terlihat formal tidak terlalu berlebihan dalam desainnya.

Sasirangan Klasik

Model Baju Sasirangan Klasik ini adalah motif sasirangan asli yang didominasi dengan sentuhan etnik. Kain ini banyak digunakan sebagai baju atau busana sehari-hari, tidak hanya bagi masyarakat kalimantan selatan namun juga sudah menyebar ke berbagai daerah lainnya.

Sasirangan Kombinasi

Bagi yang ingin tampil dengan elegan mungkin model baju dari kain Sasirangan kombinasi ini bisa menjadi pilihan anda, karena baju sasirangan ini hanya memakai sedikit kain sasirangan saja sebagai tambahan kombinasi di kain polos. Kelebihan dari model baju sasirangan kombinasi ini selain lebih irit kain sasirangannya juga kita bebas untuk lebih berkreasi mendesain baju sasirangannya. Sehingga dapat dipastikan kalau jenis model baju Sasirangan kombinasi ini tidak akan ada yang menyamainya ketika dikenakan.

Sasirangan Modern

Yang kami maksud dengan model baju sasirangan modern adalah baju sasirangan dengan motif terbaru saat ini yang terlihat lebih minimalis coraknya.

Sasirangan Gaul

Kalau mendengar istilah “gaul” sudah pasti asumsi kita berhubungan dengan anak muda. Memang benar karena Model Baju Sasirangan Gaul ini adalah baju sasirangan yang di desain lebih mendekati dengan gaya anak muda sekarang. Tujuannya tidak lain adalah agar pemakai baju sasirangan ini merasa tidak tampak terlalu tua dan terlihat keren ketika dipakai. Karena umumnya desainnya memakai ukuran slim fit.

Sasirangan Pesta

Model Baju Sasirangan Pesta ini hampir mirip dengan model baju sasirangan kombinasi, akan tetapi model baju sasirangan pesta ini lebih banyak variasi kainnya sehingga tampak lebih bercorak dan berwarna. Jika kita ingin menjadi pusat perhatian orang ketika menghadiri suatu pesta maka “Model Baju Sasirangan Pesta” inilah yang cocok untuk kita kenakan.

Sasirangan Rainbow

Model Baju Sasirangan yang satu ini adalah salah satu motif sasirangan yang paling banyak dicari orang saat ini walaupun sebenarnya motif ini megadopsi motif “hiris pudak “ yang dibuat lebih modern dengan 5 warna yang berbeda sehingga tampak rame dan mencolok.

Sasirangan Anak-Anak

Kalau kita mendengar kata anak-anak tentu saja yang ada dibenak pikiran kita adalah sesuatu yang lucu dan imut. Benar bukan? Ya betul sekali, jika anda memiliki seorang anak dan anda juga ingin putra putri anda ingin dikenakan dengan baju sasirangan, sebaiknya model baju sasirangan anak anda harus didesain selucu mungkin, bisa saja dengan menambahkan pita atau pernak pernik lucu lainnya sehingga membuat yang melihat akan tersenyum akan kelucuan bajunya.

Artikel ini bekerja sama dengan Rumah Sasirangan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: