Kampung Boneka di Cikampek, Sentra Produksi Mainan Cantik

kampung boneka

Karawang – Selama ini, ratusan boneka menyebar ke berbagai penjuru di wilayah Indonesia. Tahukah kamu dimana sentra produksi mainan boneka yang biasa dimainkan oleh anak-anak ini? Salah satunya ada di Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Sentra produksi yang sudah berlangsung selama lebih dari 20 tahun hingga kini.

Sekilas Sejarah

Pada tahun 1982, pada masa pemerintahan orde baru, Presiden Soeharto menganugerahi seorang sesepuh bernama Kadis di desa Cikampek Utara penghargaan Upakarti. Penghargaan itu diberikan terhadap Kadis untuk bidang kerajinan yang telah berhasil menghidupkan ekonomi masyarakat.

Dengan memanfaatkan limbah atau sisa-sisa dari berbagai bahan, dibuatlah boneka – boneka yang cantik dan dikirim ke berbagai wilayah di Jawa Barat dan Jakarta. Produksi boneka sempat terhenti dikarenakan situasi, hingga kemudian generasi anak dan cucu Kadis meneruskan kegiatan produksi boneka dan menularkannya ke tetangga hingga satu desa. Dari sinilah kemudian muncul nama Kampung Boneka Cikampek.

Ada tiga area yang berpusat sebagai sentra produk boneka yaitu Dusun Kampung Baru, Dusun Mekarjaya dan Dusun Mekarsari. Hampir semua warga di area ini menjalankan kegiatan membuat boneka baik sebagai karyawan di tetangga ataupun sebagai pemilik usahanya. Kampung-kampung ini pun terkadang menjadi destinasi sebagai desa wisata.

Destinasi Belanja Terpopuler

Pada tahun 2019. Kampung boneka mendapatkan penghargaan sebagai juara 3 kategori ‘DESTINASI BELANJA TERPOPULER’ diajang Anugrah Pesona Indonesia Award (API Award) 2019. Anugerah Pesona Indonesia Award 2019 ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebuah penghargaan luar biasa atas kontribusi Kampung Boneka pada perkembangan serta peningkatan ekonomi kreatif daerah Karawang khususnya dan Jawa Barat pada umumnya. Ini menunjukkan bahwa kampung boneka telah berhasil menjadi contoh bagi daerah lain dalam menggiatkan ekonomi melalui bidang kreatif selain desa bahasa.

Akses Menuju Lokasi

Lokasi desa ini bisa ditempuh dalam waktu dua jam dari Jakarta via tol Jakarta-Cikampek. Setelah keluar dari gerbang tol Cikopo, lokasi bisa ditempuh dengan waktu 10 menit hingga 15 menit. Dari gerbang tol Cikopo itu, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau ojek, meski dengan tarif yang tentu lebih mahal. 

Atau Anda bisa menggunakan kendaraan mobil sejak berangkat sehingga lebih leluasa dalam berwisata di kampung boneka sekaligus berbelanja boneka sebanyak mungkin. Bisa juga dengan menyewa kendaraan mobil atau bus untuk rombongan Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: