Kerajinan dari limbah cangkan kerang , Limbah cangkang kerang jika dimanfaatkan ternyata juga mampu memiliki nilai ekonomis. Setidaknya itulah yang dilakukan pengrajin yang mengubah limbah cangkang kerang menjadi aneka kerajinan bernilai jual tinggi. Bahkan, kerajinan dari limbah tersebut mampu menembus pasar ekspor ke berbagai negara.

kerajinan dari cangkang kerang

Sepanjang Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, banyak berjejer toko yang menjual aneka buah tangan khas Cilacap. Salah satunya aneka kerajinan dari cangkang kerang berupa hiasan dinding, kerangka lampu, kotak tisu dan jam dinding yang menawan. Meski berbahan dasar limbah, namun dengan kreativitas, limbah cangkang kerang dapat diubah menjadi ratusan item aneka kerajinan yang laku di pasaran.

Adalah Bambang yang menggeluti pembuatan kerajinan dari limbah cangkang kerang ini selama bertahun-tahun. Pembuatan kerajinan limbah cangkang kerang ini diawali dengan pembersihan cangkang kerang.

Salah satu komoditas laut yang memiliki potensi bisnis cukup tinggi adalah kerang. , cangkang kerang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku utama pembuatan aneka kerajinan yang sangat cantik.memanfaatkan limbah kerang yang cukup melimpah di laut, menjadi berbagai macam  yang sangat menarik yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

Ide memulai furnitur dari limbah kerang ini ditemukan Bambang ketika Ia melihat banyak cangkang kerang jenis simping berserakan di Pantai Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah. Sebagai seorang pelaku bisnis furnitur dari kayu, Bambang pun tertantang untuk mencoba menggunakan limbah cangkang kerang untuk membuat kerajinan dari cangkang kerang, dengan mempekerjakan kurang lebih 20 karyawan. Kreativitas dan inovasi yang dikembangkan Bambang pun tidak sia-sia, kini produk buatannya berhasil menempus pasar mancanegara.

Baca Juga : Inspirasi Bisnis dari Cangkang kerang

Bahkan sekarang ini bambang telah mengembangkan produk kerajinan dari cangkang kerang menjadi sepuluh macam kerajinan yang memiliki harga jual cukup bervariasi. Misalnya saja untuk satu set meja dan kursi, Banbang mematoknya dengan harga sekitar Rp 10 juta sampai Rp 20 juta. Sedangkan untuk kerajinan lampion atau kap lampu dihargai Rp 1 hingga 2 juta per buahnya. Semua harga dibedakan sesuai dengan tingkat kesulitan produksi, dan jenis kerang yang digunakan.

Macam-macam kerajinan dari limbah cangkang kerang

1.kerajinan dari limbah cangkang kerang berbentuk guci

kerajinan dari cangkang kerang

2.kerajinan dari limbah cangkang kerang berbentuk babi dan kura-kura

 

3.kerajinan dari cangkang kerang berbentuk ikan

kerajinan dari cangkang kerang

“Aneka jenis cangkang kerang ini, dipasok oleh nelayan yang didapat dari perairan pantai Teluk Penyu. Selanjutnya, cangkang kerang ini dihaluskan dengan gerinda,” tuturnya di Cilacap, Jawa Tengah.

Selama ini banyak sekali limbah yang dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan, salahsatunya adalah limnbah dari cangkang kerang, biasanya sering dimanfaatkan untuk membuat kerajinan yang bernilai jual fantastis, harga jualnya yang cukup tingggi karena cara membuatnya yang harus mempunyai ketrampilan.

Bukan hanya itu limbah dari cangkang kerang juga bisa dimanfaatkan sebaga idekorasi, sovenir, dan lain-lain, pemanfaatan limbah sekarang ini sudah cukup banyak.

Kerajinan dari limbah cangkang kerang yang banyak laku dipasaran ldunia, Limbah cangkang kerang yang telah bersih itu kemudian di rangkai Bambang di atas media sesuai dengan kerajinan yang akan di buat. Dibutuhkan lem perekat untuk menempelkan cangkang kerang ini agar tidak mudah terlepas. Tentu dibutuhkan kreativitas dan ketelatenan agar dapat menghasilkan kerajinan yang indah.

“Limbah cangkang kerang ini, dapat menghasilkan ratusan jenis aneka kerajinan, seperti hiasan dinding, jam dinding, kotak tisu dan berbagai kerajinan lainnya,” imbuhnya.

Berkat keuletan dan kesabaran, membuat kerajinan dari limbah cangkang kerang ini telah menembus pasar ekspor ke berbagai negara. Selain di ekspor, kerajinan limbah cangkang kerang ini telah merambah di hampir provinsi di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here