Kerajinan gypsum mulai banyak diminati masyarakat. Pembuatannya terbilang lebih mudah, jika dibandingkan dengan fiberglass. Gypsum merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat yang dapat terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Prosesnya harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang di inginkan, harus dibuat cetakan. Jika akan diproduksi dalam jumlah banyak, harus di buat model terlebih dahulu.

Secara umum, untuk semua produk Kerajinan Gypsum diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi Kerajinan Gypsum biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

Gypsum merupakan salah satu bahan untuk membuat kerajinan berbahan lunak. Walaupun sebetulnya semen putih, gypsum tidak hanya digunakan untuk campuran bahan bangunan. Siapa sangka, gypsum bisa dibuat menjadi kerajinan tangan sehingga memiliki nilai tambah tersendiri.
sehingga banyak orang yang tertarik dengan usaha kerajinan gypsum ini.

Setelah diolah, gypsum dapat dijual dengan harga terjangkau sehingga peminatnya banyak. selain itu harga bahan baku nya juga sangat terjangkau, Gypsum dapat kita jumpai di pasar-pasar. Cat dan air serta alat lainnya juga sangat mudah didapatkan.
Selain itu cara membuat kerajinan dari bahan lunak berupa gypsum sangat mudah dilakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnyapun tidak terlalu lama.

cara membuat kerajinan dari gypsum:

1) Siapkan alat dan bahan, antara lain: gypsum, air, cat, wadah, cetakan, kuas, gantungan (bila diinginkan), dan minyak.
2) Oleskanminyak pada cetakan agar gypsum mudah dilepas.
3) Campurkan gypsum debgan air dalam wadah. Pastikan gypsum dan air tercampur secara merata dan tidak terlalu kental.
4) Tuangkan campuran gypsum dan airkedalam cetakan. Pastikan segera menuang, karena gypsum mudah mongering.
5) Setelah cetaka terisi setengah, masukkan gantungan pada ujung cetakan. Kemudian, tuangkan campuran gypsum dan air lagi sampai penuh.
6) Keringkan gypsum tersebut.
7) Jika sudah keras ambil gypsum dari dalam cetakan. Mengambilnya hati-hati agar gypsum yang telah dicetak tidak rusak.
8) Warnai gypsum dengan earna yang kalian suka.
9) Keringkan sebentar dan jadilah kerajinan dari gypsum.

Karena menggunakan cetakan, maka bentuk kerajinan ini dapat disesuaikan dengan cetakan. Selain itu, kita memiliki banyak warna cat untuk menhiasnya. Bentuk dan warna yang beragam ini dapat menambah daya tarik pembeli.
Saluran pengembangan kreativitas
Kita bebas memberi warna pada gypsum yang telah dicetak. Dengan demikian, warna yang kita berikan harus sekreatif mungkin agar menjadi lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here