Beranda Ragam Keramik Takalar yang Bertahan Menghadapi Kemajuan Jaman

Keramik Takalar yang Bertahan Menghadapi Kemajuan Jaman

1428
0

Takalar – Wilayah Sulawesi juga memiliki kerajinan seni kreatif seperti halnya keramik. Keramik yang terutama masih di pertahankan dan di produksi di Takalar, Sulawesi selatan ini masih menampakan eksistensinya dan memiliki pemasaran ke seluruh wilayah pulau Sulawesi.

Kabupaten Takalar, kurang lebih 50 kilometer sebelah selatan Makassar. Dapat dipastikan bahwa sebahagian kerajinan gerabah yang beredar dipasaran Sulawesi selatan berasal dari daerah tersebut.

pembuatan keramik takalar
pembuatan keramik takalar

Proses pengerasan tanah liat yang telah terbentuk menjadi kerajinan keramik Takalar juga masih menggunakan cara pembakaran yang sangat sederhana dengan hanya menggunakan jerami yang disusun mengelilingi bahan tanah liat yang telah dibentuk menjadi sebuah keramik.

Proses pengerasan dengan cara pembakaran oleh pengrajin keramik Takalar juga terbilang rumit, pasalnya susah untuk mengetahui kapan proses pembakaran itu akan dihentikan dan keramik pun siap untuk diberi cat hiasan yang membuatnya nampak menarik. Setelah proses pembakaran usai dilakukan, keramik yang telah mengeras kemudian di beri cat dasar untuk kemudian siap buat diberi polesan cat bermotif khas keramik masyarakat setempat

Pengrajin umumnya menjual hasil kerajinannya dalam bentuk mentah dengan harga antara Rp.10,000 – Rp.20.000 (kursi, meja, pot bunga) kepada paguyuban keramik takalar setempat. sedangkan untuk yang telah melalui proses pembakaran hingga menjadi keramik Takalar yang telah siap dipasarkan. Harga jual satu pasang meja dan kursi sekitar Rp.120.000 – Rp.130.000. Setiap pengrajin dapat menghasilkan sekitar 30 buah dengan waktu pembuatan 5-7 hari termasuk proses pengeringan sebelum dibakar.

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here