Koleksi Seni Istana Bogor

Istana Bogor menyimpan banyak koleksi seni . Patung dan lukisan dipasang di berbagai sudut bangunan ikonik warisan kolonial Belanda ini.

Di mata orang biasa, bangunan ini sendiri bahkan sudah merupakan karya seni. Arsitektur megah bergaya Palladio membuat orang melongo. Detail ornamen dekoratif di langit-langit yang tinggi menambah kesan elite.

Melongok ke Istana Bogor  sebuah patung dengan pose jongkok ditempatkan di depan gedung induk. Wajahnya sederhana, memandang nanar tamu-tamu yang datang menapaki 15 anak tangga, tengahnya dilapisi karpet merah. Bila diperhatikan, agaknya patung ini kontras dengan kemewahan Istana.

koleksi seni istana bogor

peneliti seni rupa dan staf pengajar Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Mikke Susanto, menjelaskan patung ini berjudul ‘Djongkok’ karya Jan Mingkit, seorang pematung dari Yogyakarta yang juga menjadi rekan Edhi Sunarso, pembuat patung ‘Selamat Datang’ di Bundaran HI. Mikke mencoba menerka peletakan patung dengan wujud bersahaja ini di posisi bagian depan gedung induk Istana Bogor.

koleksi seni istana bogor
“Kemungkinan besar patung tersebut sejak Presiden Sukarno sudah diletakkan di situ. Maksudnya mungkin untuk mengingatkan bahwa di sekitar Istana, di luar sana, ada rakyat yang masih miskin dan membutuhkan perhatian,” tutur Mikke, yang juga konsultan kurator koleksi Istana Kepresidenan RI.

Dia menjelaskan koleksi-koleksi benda seni di Istana Bogor mulai terkumpul sejak era Presiden Sukarno, sekitar tahun 1950-an. Belanda sama sekali tak meninggalkan lukisan. Sampai 1967, saat diminta keluar dari Istana Bogor, Sukarno mewariskan 2.500 lukisan dan seratusan patung.

Sumber detik.com

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: