Kerajinan Khas Papua, Noken

Presiden Memakai Kerajinan Noken

Kerajinan Noken – Papua, pulau yang terletak paling timur ini memiliki eksotisme yang tiada habisnya. Tempat wisata yang indah dan alami seperti Raja Ampat pun terletak di Papua. Wilayah Papua juga sangat luas, 3 kali lipat wilayah pulau Jawa. Selain menyimpan kekayaan wisata, Papua juga menyimpan kekayaan budaya dan kerajinan tangan.

Salah satunya adalah Noken. Noken, merupakan salah satu kerajinan khas Papua yang berbentuk tas/kantong yang terbuat dari tumbuhan. Biasanya yang diambil adalah kulit kayu, selanjutnya dianyam sehingga menjadi tas yang dapat digunakan sebagai tempat barang.

Kerajinan Noken Papua

Mungkin pernah melihat orang Papua sedang membawa semacam tas yang ditarus dikepalanya, itulah yang dinamakan Noken. Mayoritas suku yang ada di Papua, mampu membuat Kerajinan Tangan Noken ini, karena kerajinan ini merupakan salah satu tradisi kerajinan di suku-suku Papua. Biasanya masyarakat Papua menggunakan Noken ini untuk membawa hasil bumi dan buruan.

Kerajinan Noken khas Papua ini termasuk salah satu kerajinan yang menjadi potensi perekonomian di masyarakat Papua. Nilai seni dan estetika kerajinan khas Papua ini telah mengundang banyak wisatawan untuk turut memberdayakan dengan membelinya sebagai oleh-oleh atau suvenir. Noken ini dijual oleh beberapa masyarakat sekitar dengan harga berkisar antara Rp 25.000 – Rp 50.000,- untuk satu Noken.

Kerajinan Noken ini adalah salah satu kerajinan khas Papua yang patut dijaga dan dikembangkan. Peran masyarakat dan pemerintah harus sejalan agar kerajinan-kerajinan seperti ini tetap lestari sehingga akan tumbuh generasi-generasi penerus yang akan selalu menjaga kerajinan seperti ini. Tentu ini bergantung bagaimana pemerintah setempat membangun ekosistem yang baik dalam menumbuhkan generasi penerus. Selain noken, Papua juga menyimpan lukisan kayu atau pahatan kayu yang menggoreskan keindahan alamnya.

Pembangunan yang gencar di Pulau Papua diharapkan bisa menghidupkan ekonomi daerah Papua baik Papua Barat, Papua maupun Papua Selatan. Terdapat begitu banyak kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari pulau Papua. Juga keindahan alamnya yang termasuk di dalam situs jalur rempah dan diakui oleh dunia. Seperti yang diulas di dalam situs wikipedia, Papua merupakan tanah hijau yang menjadi destinasi orang-orang dari berbagai negara, baik untuk berbisbis maupun berwisata di Papua.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

5 Responses

  1. Eksotika alam dan budaya Papua menarik bagi petualang. Begitu juga kulinernya, unik, lezat dan menantang. Banyak jenis makanan yang wajib icip jika bertandang ke Papua. Ingin mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: