5 Langkah Membangun Usaha Kerajinan Online

Usaha kerajinan online? Kenapa tidak.

Memiliki produk kerajinan serta ingin memulai menjualnya tentu sebuah tantangan tersendiri. Tidak mudah dan tentu saja susah. Namun bukan berarti tidak ada jalan, karena setiap hal selalu memiliki jalannya. Dan membangun sebuah usaha melalui internet alias daring (online) juga memiliki kesulitannya sendiri. Dibutuhkan patokan untuk memulai dan menjalaninya kemudian konsistensi terus menerus, hampir tidak ada beda perlakuan dengan bisnis konvensional, yang membedakan hanya sarana dan alatnya.

Ada hal yang menarik saat saya tanpa sengaja menemukan artikel dari Faisal Adlan (Ical Toys). Dia menuliskan beberapa hal yang menurut saya detail dan bagus untuk diikuti langkah-langkah membangun toko online. Terutama bagi pemula atau pengrajin yang ingin usaha kerajinan online namun memiliki modal kecil. Keistimewaan berbisnis menggunakan daring adalah masalah biaya yang bisa relatif lebih kecil dan bisa dimunculkan perlahan-lahan.

Bagaimana memulai usaha kerajinan

5 Langkah Membangun Usaha Kerajinan Online

Saya coba sadurkan disini beberapa langkah PENTING bagi siapa saja yang ingin memulai usahanya melalui online (daring).

1. Persiapan Produk

Persiapkan sebaik mungkin produk yang akan dijual melalui online, kemudian mulailah untuk mengemasnya. Buat katalog dengan desain yang mudah dibaca dan menarik mata, buat foto produk (usahakan melalui fotografer produk), buat kode penjualan, harga dan ketentuan tentang produk yang akan dijual.

2. Persiapan Online

Bangun pondasi untuk mulai meluncur ke internet dengan produk yang sudah disiapkan diantaranya sebagai berikut:

  • Website
  • Akun instagram
  • Fanpages facebook
  • Pilih marketplace
  • Persiapkan kontak; hp, whatsapp, email, pin bb dan sejenisnya
  • Persiapkan rekening bank yang bisa cek saldo dan transfer online
  • Buat akun youtube

Pastikan untuk merencanakan website dengan matang, perhatikan konten mulai dari artikel, tentang/profil, kontak, flow proses order, akun sosial media dan sejenisnya. Selanjutnya mulai konsisten untuk membuat konten dan memasukkannya ke dalam website dan akun sosial media. Pendekatan kepada calon kostumer melalui sosial media dilakukan dengan mencari follower asli bukan bot (twitter, instagram) maupun liker di akun halaman facebook.

Selain itu, mulai juga untuk membuka akun di situs-situs Marketplace seperti tokopedia, bukalapak, krafina.com, olx, kaskus dan lainnya. Kita bisa arahkan link ke website kita maupun langsung ke admin penjualan.

3. Persiapan Menghadapi Kostumer

Membangun usaha kerajinan online harus sabar dan teliti. Ketika website dan akun sosial media sudah mulai mendapatkan respon kemudian muncul order dari calon pelanggan, maka sediakan waktu serta pikiran positif saat menerima pertanyaan-pertanyaan dari mereka. Tidak semua calon pelanggan suka membaca, mereka lebih suka bertanya langsung meskipun sudah ada catatan panjang yang terpampang di website maupun sudah kita berikan di kotak komentar sebelumnya (di sosial media).

Setelah lewat beberapa hari, jangan malu untuk menanyakan ulang pada calon kostumer yang sudah pernah bertanya, apakah jadi membeli atau tidak. Tekankan untuk tetap berpikir positif, ramah, cepat dan tepat.

4. Persiapan Menghadapi Order

Proses order setelah transaksi terjadi haruslah cepat dan tepat, berikan kemasan yang baik kuat dan bagus. Jangan lupa, ada ribuan barang tiap hari yang dikirimkan ke berbagai alamat, oleh karenanya pastikan alamat kostumer dengan benar, perkuat kemasan (bungkus) produk yang kita miliki agar tidak rusak terkena barang lain. Ini untuk menjaga brand yang kita miliki agar tidak rusak saat pengiriman ke kostumer.

5. Pengiriman

Paket produk yang kita kirim bisa saja nyasar, rusak, terlambat sampai, pembeli sedang tidak dirumah dan berbagai hal yang mengakibatkan kekecewaan lainnya. Mulai berdoa, minta kepada Tuhan YME agar menjaga produk yang kita kirim tidak mengalami kejadian buruk.

—–||

Membangun usaha kerajinan online tidaklah mudah, namun dengan cara yang tepat, kita bisa memulai dan mendapatkan banyak keuntungan karenanya. Selamat mencoba!.

5 Langkah Membangun Usaha Kerajinan Online
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: